Rabu, 12 Juni 2013

7 Aplikasi Android Yang Boros Kuota


Kali ini kita membahas aplikasi yang membuat Android kita boros kuota bila membuka aplikasi tersebut. Salah satu faktor borosnya kuota adalah adanya berbagai fitur yang mungkin membebani kecepatan akses, bisa berupa ukurannya yang besar, atau tampilannya yang bagus sehingga membutuhkan kuota banyak untuk membukanya. Berikut 7 aplikasi Android yang ‘menurut saya’ boros kuota. Silahkan disimak.

1. Instagram
Instagram adalah salahsatu aplikasi diandroid yang paling banyak didownload, terutama para cewek yang
suka narsis didepan kamera. Kenapa Instagram boros kuota? Ya, instagram memang boros kuota data. Penyebab
nya adalah instagram salahsatu social media yang menyuguhkan kelebihannya dibidang foto. Instagram digunakan untuk mengupload foto ke social media, itu yang menyebabkan boros kuota. Selain untuk upload foto, instagram juga hanya menampilkan foto diberandanya. Jadi jelas itu hanya membuang-buang kuota saja.

2. Hipster
Seperti halnya Instagram, Hipster juga aplikasi social media yang sama dengan instagram, yaitu menshare foto ke social media. Namun Hipster ini memiliki fitur yang lebih dibanding instagram. Hipster juga memiliki kemampuan menambah teks di bagian atas foto sehigga foto akan tampak seperti kartu pos. Jadi bisa juga tulisan itu menambah daya sedot kuota yang dipakai.

3. Lightbox Photos
Lightbox sedikit berbeda dengan photo sharing apps lainnya. Aplikasi ini tidak memiliki built-in border atau blur effects tapi tetap dilengkapi banyak sekali filter seperti yang dimiliki Instagram. Namun karena applikasi ini untuk menshare foto, tentunya juga tetap boros kuota.

4. KakaoTalk
Nah, untuk aplikasi kali ini saya pilih karena memakai suara. Walaupun mungkin tidak terlalu banyak menyedot kuota data, tetapi juga lumayan juka dipakai terus-menerus. Alhasil lama-lama kuota pasti akan tersedot banyak.

5. WeChat
Kalau aplikasi satu ini mungkin bisa menyedot kuota kita banyak. WeChat tidak akan menyedot banyak kuota, asalkan digunakan untuk chatting pesan. Kalian tahukan kalau WeChat juga punya fitur ngobrol langsung memakai kamera? Nah, disitu yang ‘mungkin’ bisa membuat kuota boros bila dipakai berlama-lama. Memang sih saya belum nyoba fitur itu dalam waktu lama, tp ‘kemungkinan’ bisa banyak menyedot kuota data.

6. Youtube
Pasti tidak asing lagikan sama aplikasi satu ini. Yap, youtube digunakan untuk menonton berbagai video apasaja. Jelas kan kalau nonton video youtube bakan menguras kuota data kita, apalagi kalau durasinya lama, bisa ludes abis kuota kita. Saya memberi saran bagi yang suka nonton diyoutube, jika inngin menonton video itu berulangkali, namun gamau kesedot kuota banyak, mending videonya dodownload lewat aplikasi Media Clip, yang ada di PlayStore.

7. Facebook for Android
Sebenarnya sih ga terlalu boros banget ya, tetapi lumayan juga kalau dipakai lama. Dari tampilannya saja kita tau kalau itu bakal berat nyedot kuotanya, walaupun ga banya banget, hehe.. Saya sarankan mending pakai Operamini saja jika ingin berlama-lama Facebook an.

Yak, itulah 7 aplikasi android yang membuat boros kuota ‘menurut saya’. Saya menyarankan anda jika ingin browsing lama, lebih baik pakai operamini saja. Selain lebih cepet, Opera mini juga lebih hemat kuota data. Bila bacaan diatas kurang atau malah melebih-lebihkan, silahkan tulis dikomentar. Sekian dulu dan terimakasih.

1 komentar:

  1. Okelah kalau begitu,saya akan men delete aplikasi2 yang nakal seperti itu. :)

    BalasHapus

Pembaca yang baik harus meninggalkan komentar :D
Komentarlah dengan bijak!